Pilih Laman

Rabu (11/5/2016), Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI mengadakan kuliah tamu dengan mengundang Kornel H. Soemardi  (Head of Investor Relations PT Pertamina). Bertempat di Ruang H501, Gedung H, Kampus FISIP UI, Depok, kuliah tamu ini mengambil tema “Contemporary Debate in International Relations and Diplomacy: The Rise of Corporate Diplomacy.”

Dalam sesi perkuliahan tersebut, Kornel mengambil perspektif Hubungan Internasional sebagai cross border/ cross cultural activities conducted by individuals. Di awal perkuliahan Kornel memaparkan konsep dasar dan konteks bisnis serta investasi. Ia menekankan bahwa semua bisnis adalah investasi namun tidak semua investasi adalah bisnis.

Lebih lanjut, Kornel juga menjelaskan konsep dan konteks cross border investment and financing, aktor dalam bisnis global dan kegiatan investasi, perbedaan fokus interes business people/ corporations dan diplomatic corporations, fundamentals of negotiations, communicating with foreign counterparts, Indonesia Oil and Gas Balance going Forward, Basic Financial and Investment Concepts in Cross Border Investment Activities, serta Market Shares.

Dalam kuliah tamu ini Kornel menyimpulkan beberapa hal, yakni bahwa relationship dalam cross border activities seharusnya dilihat sebagai investasi bukan sebagai hubungan transaksional. Cross border activities merupakan hal multidimensi yang kompleks. Maka diperlukan pemantauan terhadap setiap isu yang berkorelasi dengan hal tersebut. Di akhir sesi perkuliahan, Kornel menyampaikan pesan kepada para mahasiswa agar apa yang didapatkan selama proses belajar di kelas dapat dilengkapi dengan pemahaman terhadap fenomena yang terjadi di dunia nyata.

Artikel Lainnya:  Seminar The Age of Cyber Crime