Pilih Laman

Sabtu (5/3/2016), PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan FISIP UI menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Energizing Campuses” di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus FISIP UI Depok. Acara ini merupakan bentuk dukungan dalam upaya membangun generasi muda Indonesia yang tangguh dan mampu berkompetisi di tengah keketatan persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Kegiatan ini mengupas tuntas tantangan yang dihadapi Indonesia dalam MEA serta memahami kesiapan negara-negara lain dalam ASEAN, urgensi komunikasi, kemampuan dan keterampilan yang andal guna menjaga citra dan reputasi Indonesia, pemberdayaan masyarakat, dan tanggung jawab sosial sebagai penunjang kesiapan menghadapi MEA.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Tema Corporate Social Responsibility (CSR), Manajemen Brand, dan Penggalangan Dana sangat penting untuk dipahami secara mendalam. Lebih lanjut, menurutnya kegiatan ini tidak hanya akan memperkaya Curriculum Vitae peserta, namun pengetahun peserta akan dunia kerja nyata juga akan bertambah.

Artikel Lainnya:  Sosialisasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Baru FISIP UI

Pemaparan materi Fundraising with Dignity yang menjadi vital saat menghadapi era MEA disampaikan langsung oleh Head of Investor Relations Pertamina, Kornel H. Soemardi. Ia menjelaskan, MEA telah membuka selebar-lebarnya batas negara-negara ASEAN. Tidak hanya dalam konteks komoditas barang dan jasa, MEA juga menjadi ajang pembuktian daya saing sumber daya manusia di mana semua negara ASEAN akan saling membuka pintu dunia kerja untuk warga negara sesama ASEAN.

Indonesia yang merupakan negara dengan skala ekonomi terbesar di ASEAN, menjadi pasar yang sangat menarik di segala sektor. Jika tidak dipersiapkan dengan baik—terutama kualitas sumber daya manusianya—Indonesia akan menjadi pasar yang sebenar-benarnya.