Pilih Laman

Senin (7/12/2015) bertempat di Ruang N 102 Gedung Nusantara II, Kampus FISIP UI Depok, diselenggarakan seminar bertajuk Fundraising with Dignity (Menggalang Dana dengan Terhormat). Hadir sebagai narasumber Head Investor Relations PT Pertamina (Persero), Kornel H. Soemardi, CSR Officer and Investor Relations PT Pertamina (Persero), Aditya Wira Santika, dan  Guest Relations Officer, PT Pertamina (Persero), Rachel Chaterine. Seminar ini dilatarbelakangi banyaknya program kerja, agenda kegiatan, ide, dan kreatifitas yang terhambat karena permasalahan dana atau anggaran. Penekanan inti pemaparan dalam seminar ini adalah jangan sampai dana menghambat ide dan kreatifitas yang besar. Dalam kegiatan ini juga dipaparkan strategi merealisasikan suatu ide dan kreatifitas kegiatan dengan dana yang diperoleh secara efektif, mudah, dan menarik.

Menurut Kornel, saat ini dalam kaitannya menggalang dana guna kepentingan kegiatan perlu adanya perubahan pola berpikir. Kebanyakan orang saat dihadapkan dengan masalah uang untuk mendanai suatu kegiatan akan ditandai dengan 3K (Kasian, Kepaksa, dan Kesel, hingga menjadi Kepepet). Pola pikir ini seharusnya diubah menjadi 3K (Keselarasan, Kesenangan, dan Kepengen hingga menjadi Keren). Adapun strategi menggalang dana dengan terhomat yang dapat dilakukan adalah melakukan upaya, mengetahui tempat yang tepat dengan target khalayak tertentu, melakukan eskalasi, menciptakan excitement, menggugah apresiasi, dan memberikan ‘sesuatu’ kembali (kesenangan, entertainment, dan kebanggaan).

Fundraising sendiri merupakan seni memahami psikologi bagaimana orang mau memberikan dukungan pendanaan pada suatu misi—beserta pengelolaannya—yang didasari standar etika yang tinggi, kejujuran, integritas, dan standar kerja yang berkualitas (part Art, part Management). Kegiatan yang dikemas secara menarik dengan jargon “Fun with Fund Raising” ini dihadiri oleh mahasiswa FISIP UI.

Artikel Lainnya:  Alumni FISIP UI Gelar Peringatan ‘40 Puisi Malam untuk Adinda’