Pilih Laman

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas Republik Indonesia Andrinof A. Chaniago menjadi pembicara dalam  Dies Natalis FISIP UI ke-47 dengan tema “Pengarusutamaan Bidang Sosial dan Budaya dalam Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia”. Orasi tersebut bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI, pada 2 Februari 2015 . Peringatan Dies FISIP UI ini turut dihadiri Rektor Prof. Dr. Muhammad Anis, M.Met, Dekan FISIP UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc, serta segenap Guru Besar, dosen, mahasiswa, dan staff karyawan di lingkungan FISIP UI.

Dalam orasinya Menteri PPN / Kepala Bappenas  Andrinof Chaniago menuturkan bahwa semestinya agenda pembangunan nasional menjadi perhatian semua pihak, terutama masyarakat ilmiah dan kalangan terpelajar terutama para civitas akademika. Pada pidatonya Adrinof memberi perhatian kepada tiga topik utama, yaitu mengenai konsep dan strategi pembangunan, pengarustamaan bidang sosial budaya dalam perencanaan pembangunan, dan peran ilmu-ilmu sosial dalam pembangunan.

Artikel Lainnya:  Pelatihan Teknik Kamera Untuk Kru TVUI

Melanjutkan tiga pembahasan pada tiga topik tersebut, Andrinof merumuskan bahwa pembangunan merupakan upaya sistematis dan terencana untuk meningkatkann kualitas hidup manusia dan masyarakat secara berkelanjutan, dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif, dan akuntabel. Mengingat pembangunan berpusat pada manusia, maka keseluruhan upaya pembangunan harus ditujukan untuk mengoptimalkan segenap potensi yang dimiliki oleh setiap manusia.

Dalam menjalankan pembangunan tersebut, bidang sosial budaya memainkan peran yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Dalam hal ini para ilmuan sosial dapat berperan dalam menyumbang kontribusi pembangunan dengan menganalisis dan mengkaji melalui penelitian empiris di lapangan serta menyumbang konsep dan pemikiran baru mengenai pembangunan, mengikuti perkembangan terbaru di berbagai ilmu pengetahuan.

Artikel Lainnya:  FISIP UI menjadi Tuan Rumah Sosialisasi Forum MIKTA