Pilih Laman

Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial (HMIKS) FISIP UI bekerja sama dengan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) mengadakan Seminar dan Kajian Kesejahteraan Sosial dengan tema “Achieving Sustainable Development Goals (SDGs) through Corporate Social Responsibility.”

Bertempat di Auditorium Gedung M, Kampus FISIP UI Depok, acara ini dimoderatori oleh Budi Dharma (Dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI). Hadir sebagai pembicara dua subtema yang berbeda, yakni

Prof. Dr. Bambang Shergi L. M.Sc. (Guru Besar Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI) yang menjelaskan konsep CSR dan social development serta Syafaruddin Jarot (Senior Manager CSR PTNNT), dan Rubi Waprasa Purnomo (Head of Corporate Communication PTNNT) yang memaparkan praktik CSR di PTNNT.

Artikel Lainnya:  Menteri PANRB Kabinet Indonesia Bersatu II Raih Gelar Doktor di FISIP UI

Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi isu yang semakin menarik untuk dikaji lebih mendalam. CSR merupakan ilmu multidisiplin yang memiliki kaitan dengan bidang ekonomi, lingkungan, sosial, teknologi, dan kesehatan.

Bambang Shergi menjelaskan, dasar pemahaman CSR dapat dipelajari dari konsep “The Compass of Sustainability,” dimana North, East, South, West (NESW) menjadi Nature, Economy, Social and Wellbeing sebagai panduannya. Pada kesempatan ini, Bambang juga menegaskan pentingnya pembangunan inklusif yang menekankan pada pembangunan berkualitas yang manfaatnya dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dalam kaitannya dengan praktik CSR di perusahan, Bambang mengatakan bahwa semua bidang industri memiliki kebersinggungan dengan tanggung jawab sosial perusahaan.

Pada sesi berikutnya, Syafaruddin Jarot dan Rubi Waprasa Purnomo mempresentasikan penerapan CSR di PTNNT. CSR yang sudah berjalan di PTNNT didasari korelasi nyata antara perusahaan dan komunitas, kesadaran perusahaan akan pentingnya mempersiapkan masyarakat secara mandiri pascatambang, dan didukung dengan diberlakukan kewajiban perusahaan seperti yang sudah tertera dalam Undang-Undang.

Artikel Lainnya:  Demokrasi, Toleransi dan Peran Kepolisian

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi bukan hanya dari Mahasiswa FISIP UI. Beberapa perserta yang hadir merupakan mahasiswa lintas fakultas, bahkan lintas universitas.