Pilih Laman

Bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono Kampus FISIP UI, pada Selasa (19/5/2015), Departemen Sosiologi FISIP UI, menerima kunjungan Texas A&M University. Hadir sebagai ketua kunjungan dari Texas A&M University, Associate Professor Department of Communication Texas A&M University, Randly Kluver, Ph.D, beserta perwakilan mahasiswa dan pimpinan Program Corps of Cadets and School of Military Science. Program Corps of Cadets and School of Military Science pada Texas A&M University merupakan program kepemimpinan yang berorientasi pada program pelatihan kemiliteran. Lulusan program ini akan dipersiapkan sebagai calon perwira.

Tujuan utama dari kunjungan tersebut adalah penjajakan kerja sama antar universitas dalam kerangka kajian akademik. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan kerja sama antar universitas yang telah dibangun dari tahun 1990an.

Artikel Lainnya:  Dua Puluh Enam Lulusan Raih Predikat Cum Laude

Ada dua tema diskusi yang diangkat dalam kunjungan ini, yakni komunikasi politik serta reformasi militer dan perannya dalam pembangunan sipil. Pada kesempatan ini, Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., memberikan ulasan singkat tentang perkembangan kajian Sosiologi Militer di Indonesia, terutama di Sosiologi FISIP UI. Ia juga menjelaskan mengenai tema-tema kajian produksi akademis Sosiologi FISIP UI yang terangkum dalam Jurnal Masyarakat Vol. 19/2/Juli 2014 dan arahan perkembangan Research Cluster Sosiologi Militer.

Prof. Dr. Dody Prayogo, MPSt juga memberikan ulasan singkat mengenai sejarah FISIP UI dan Departemen Sosiologi beserta dengan konsentrasi kajiannya. Sebagai penutup, tim Texas A&M University berkesempatan untuk berkeliling dan meninjau Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, didampingi oleh Dekan dan perwakilian Departemen Sosiologi FISIP UI.

Artikel Lainnya:  Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama FISIP UI dan Kementerian Dalam Negeri