Pilih Laman

Wajah gembira siswa-siswi SMA/MA mewarnai Grand Closing (malam penutupan) Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) FISIP UI ke-13 yang dilangsungkan dengan meriah di Balairung Soesilo Soedarman, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat. Selama 6 hari, 35 tim terbaik SMA/MA jurusan IPS dari 22 provinsi di Indonesia menjalankan babak final yang berlangsung di Kampus FISIP UI, Depok. Mengusung tema “Peran Pemuda dalam Mengawal Optimalisasi Ruang Publik”, para finalis mendapat kesempatan untuk melakukan berbagai macam mata acara lomba dan non lomba.

Terhitung sejak 18—23 November 2016, serangkaian acara lomba yang dijalani oleh para finalis diantaranya adalah Movie Review, Penulisan dan Presentasi Problem Solving, Policy Review, dan Social Science Quiz. Tiap acara memberikan kesempatan bagi para finalis untuk berdiskusi dan menuangkan hasil pemikirannya dalam tulisan. Hasil tulisan dan presentasi kemudian dinilai oleh para juri dan diumumkan pemenang per mata lomba pada akhir acara. Para finalis juga diuji kemampuan menjawab soal pengetahuan umum melalui Social Sciene Quiz.

Selain acara lomba, para finalis mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri dengan Focus Group Discussion bersama perwakilan Himpunan Mahasiswa jurusan yang ada di FISIP UI. Para finalis juga melakukan kunjungan ke DPR RI untuk berinteraksi langsung dengan anggota dewan seraya menyuaran ide-ide mereka. Untuk menunjang wawasan dan pengalaman bagi guru pendamping, dihadirkan pula acara Seminar Guru oleh perwakilan dari badan UNESCO. Badan UNESCO menjelaskan mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkaitan dengan pendidikan dan ruang publik sesuai dengan tema OIS FISIP UI ke-13.

Artikel Lainnya:  Rekonstruksi Kebijakan Pendanaan Perubahan Iklim di Indonesia

Tidak hanya itu, OIS memberi ruang apresiasi seni budaya nusantara melalui Ajang Unjuk Budaya untuk menampilkan berbagai kesenian daerah. Kegiatan AJang Unjuk Budaya ini mendatangkan langsung pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Wahdat MY, S.Sn, M.M. sebagai Kepala Seksi Seni Pertunjukan Tradisional.

Setelah lima hari para finalis berkompetisi, pada Rabu (23/11/2016) dilaksanakan Grand Closing dari OIS FISIP UI ke-13 di Aula Soesilo Soedarman, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Juara umum diraih oleh SMA Taruna Nusantara yang berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 12.500.000. Juara dua diraih oleh SMAN Plus 17 Palembang dengan hadiah sejumlah Rp 10.000.000, dan Juara tiga diraih oleh SMAN 3 Malang yang mendapatkan hadiah sebesar Rp7.500.000. Ucapan terima kasih dari pihak OIS FISIP UI ke-13 kepada para pihak sponsor yang telah mendukung berljalannya kegiatan ini, STAEDTLER dan UBER. Tak hanya itu, OIS FISIP UI ke-13 juga berterima kasih kepada beberapa mitra media yang telah membantu dalam publikasi berlangsungnya acara ini yaitu Majalah OUCH!, iCampus Indonesia, Infia Showbiz, Kabarkampus.com, RTC UI FM, Inspiring Youth Educator, Seputar Event, Halevent.com, dan Event Jakarta.

Artikel Lainnya:  Jaringan Komunikasi dalam Partisipasi Gerakan Sosial Lingkungan

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran OIS, terutama kepada 35 tim finalis. Semoga semua proses belajar selama 6 hari membawa kita semua untuk terus berjuang atas semua mimpi dan tidak hanya kompetisi” ujar Eleonora Inez Hapsari selaku Ketua Pelaksana OIS ke-13.

 

Sampai jumpa di OIS FISIP UI ke-14!

 

Donatella Rara

Penanggung Jawab Media Management

OIS FISIP UI ke-13