Pilih Laman

Jumat (23/9/2016), FISIP UI menyelenggarakan Pelatihan Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015, di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Kegiatan ini diikuti oleh Tim Kelompok Kerja ISO FISIP UI dengan menghadirkan pembicara Dr. Ir. Hendri D.S.Budiono, M.Eng. (Wakil Dekan bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FT UI), Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M.Eng.Sc. (Ketua Unit Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen FT UI), dan Robby Anzil F., S.Si, M.T.( Staf Unit Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen FT UI). Pelatihan ini dibuka oleh Dr. Titi Muswati Putranti, M.Si. (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FISIP UI).

Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini antara lain memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai audit internal dalam manajemen mutu berbasis ISO 9001: 2015, melatih peserta untuk dapat melaksanakan kegiatan audit internal, dan membentuk tim audit internal untuk manajemen mutu berbasis ISO 9001: 2015.

Artikel Lainnya:  Dekan FISIP UI Tandatangani Letter of Intent Bersama Dekan FSBS Leiden University

Setiap organisasi yang melaksanakan manajemen mutu melalui ISO 9001: 2015, wajib melakukan kegiatan audit internal. Audit adalah:  “serangkaian kegiatan yang sistematis, independen, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit (audit evidence) dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit (audit criteria)  terpenuhi. Audit internal disebut juga fisrt party audit karena dilakukan oleh internal organisasi.

Audit internal adalah siklus berulang yang dimulai dari perencanaan audit yang meliputi pembuatan Pelatihan Audit, Pembentukan Tim Audit Internal, Pembuatan Audit KIT untuk Auditor (Pembuatan Cek List Audit), Pembuatan Jadwal Audit sampai dengan pemberitahuan Pelaksanaan Internal Audit, selanjutnya Pelaksanaan Audit yang meliputi Opening Meeting, Pelaksanaan Audit, Interview, Observasi, Review Dokumen, sampai dengan Closing Meeting siklus selanjutnya adalah Pelaporan Audit yang meliputi penulisan laporan (PLOR), Grading Ketidaksesuaian, Root Cause Analisys sampai Corrective Action/Preventive Action Plan. Tindak Lanjut Audit dimulai dari Verivikasi Audit sampai dengan Laporan Hasil Audit untuk pimpinan teratas organisasi dan kembali lagi ke perencanaan audit.

Artikel Lainnya:  Gelaran Social WellFair 2015