Pilih Laman

Mahasiswa sebagai  agen penerus bangsa sudah barang tentu harus memiliki jiwa kepemimpinan. Itulah  yang coba disampaikan dalam seminar Fisip Young Leaders. Dengan mengangkat tema Accelerating Youth to Support The Implementation os SDG’S 4, seminar diadakan di Auditorium Komunikasi, Kamis (2/11).

Pemuda sudah semestinya dengan segala kemampuan yang dimiliki mampu membantu mewujudkan Sustainable Development Goals nomor 4 yaitu pendidikan. Ciri-ciri pemuda yang melek teknologi, semangat yang tinggi, dan kreatif menjadi alasan utama mengapa pemuda harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk mewujudkan SDG’s 4.

Hadir sebagai pembicara yaitu Sasti Hapsari (Ketua Ikatan Abang None Jakarta Selatan 2016-2018), Fadel Muhammad (Wakil Ketua Forum Indonesia Muda Dejapu 2017-2018), Ahmad Alhamid (Ketua BEM FISIP UI 2016), dan Rendra Saputra (Ketua Future Leader for Anti-Corruption). Masing-masing pembicara menyampaikan pengalaman dan pandangannya sebagai ketua organisasi kepemudaan yang fokus di berbagai bidang.

Artikel Lainnya:  Jaringan Komunikasi dalam Partisipasi Gerakan Sosial Lingkungan

Sasti Hapsari misalnya, sebagai ketua Ikatan Abang None Jakarta Selatan 2016-2018 menceritakan pengalamannya sebagai pemuda yang fokus di pendidikan dan kebudayaan khususnya untuk Jakarta. Ia menjelaskan, pemuda jaman sekarang yang masuk ke dalam kategori millennials baiknya memanfaatkan kemajuan teknologi dan sifat-sifat millennial untuk aktif ikut serta berorganisasi dan memecahkan masalah-masalah di sekitar.

Rendra Saputra memberi materi tentang langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan pemuda untuk memerangi korupsi. Seperti yang kita ketahui, korupsi sudah menjadi penyakit di negeri ini yang merugikan negara dan masayarakat luas. Untuk itu, pemuda bisa membantu memeranginya dengan membuat kampanye di media sosial, berkesenian, turun langsung ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan kegiatan anti korupsi, atau dengan mempraktikan kegiatan anti korupsi langsung dalam berkehidupan seperti tidak mencontek dan titip absen.

Artikel Lainnya:  Mahasiswa FISIP UI Raih Juara 1 di National Governance Days 2016

Seminar Fisip Young Leader ini merupakan pembukaan dari rangkaian pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa baru FISIP UI untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang. Menjadi program di bawah Departemen Kewirausahaan dan Pengembangan Karakter, FYL nantinya akan mengadakan Focus Group Discussion, Gathering, dan Projek Angkatan turun langsung di masyarakat.