Pilih Laman

Rabu (28/10/2015), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) bekerja sama dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menyelenggarakan Kuliah Umum “Sehari Bersama Duta Besar Dino Patti Djalal.” Mengangkat tema pembahasan tentang Pertumbuhan Fundamental dalam Dunia Diplomasi abad 21: Dampaknya bagi Politik Luar Negeri Indonesia, acara ini mendapat sambutan positif dari kalangan yang tidak hanya berasal dari Universitas Indonesia.

Bertempat di Aula Terapung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, dalam kuliah umum ini Dino memaparkan seputar pembahasan konten hubungan internasional, praktik diplomasi dulu dan sekarang, strategi yang digunakan, model-model politik internasional, serta dampak dari pertumbuhan fundamental dalam dunia diplomasi abad 21 bagi politik luar negeri Indonesia. Dino juga menekankan akan pentingnya kreatifitas sebagai faktor utama dalam mendorong pertumbuhan dunia diplomasi saat ini.

FPCI adalah suatu organisasi nir-laba dan non-politis yang bergerak di bidang hubungan internasional, dan terbuka untuk semua kalangan. FPCI memfasilitasi suatu ruang bersama yang mempertemukan mahasiswa, dosen, Kementerian Luar Negeri, dan Departemen lainnya yang mempunyai dimensi internasional, korps diplomatik, pengusaha (Indonesia maupun internasional) dan think tank, wartawan serta semua kalangan yang bergerak di bidang hubungan internasional.

Selain kuliah umum, pada kesempatan ini diadakan juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara FISIP UI dan FPCI dalam rangka memajukan studi dan pemahaman hubungan internasional. Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. dan Pendiri FPCI, Dr. Dino Patti Djalal.

Artikel Lainnya:  Antusiasme 150 Siswa SMA Belajar HAM di FISIP UI