Pilih Laman

Moeldoko
Panglima TNI Jenderal Moeldoko berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan dalam sidang terbuka promosi Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (15/01). Disertasinya berjudul “Kebijakan dan Scenario Planning Pengelolaan Kawasan Perbatasan di Indonesia (Studi Kasus Perbatasan Darat di Kalimantan)”.
Sidang ujian itu dipimpin Dr. Arie Setiabudi Soesilo,M.Sc dengan Promotor Prof. Dr. Eko Prasodjo.Mag.rer.Publ dan Ko-Promotor Prof. Dr. Azhar Kasim,MPA . Anggota penguji Dr. Son Diamar,M.Si, Dr. Roy Valiant Salomo,M.Soc.Sc Dr. Sodjuangan Situmorang,M.Si Prof. Dr. Sudarsono Hardjosoekarto, Prof. Dr. Martani Huseini dan Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum.
Jenderal TNI Moeldoko menyimpulkan dalam disertasinya, ada 3 permasalahan dalam perbatasan. (1) adanya kesenjangan, disharmonisasi, kevakuman, ketidakkonsistenan, serta ketidak tepatan perumusan kebijakan yang mengakibatkan tidak optimalnya sistem keorganisasian dan program. (2) ketiadaan efektivitas implementasi karena keragaman persepsi dan hambatan sarana dan prasarana. (3) adanya 4 driving force yaitu politik, pembangunan ekonomi, keamanan, serta kesejahteraan dan apabila tidak dilakukan perubahan pengelolaan kawasan perbatasan.
Selanjutnya Jenderal TNI Moeldoko merekomendasikan dalam disertasinya perlu adanya perbaikan, penyempurnaan, dan harmonisasi kebijakan pengelolaan kawasan perbatasan serta pengembangan grand design pengelolaan kawasan perbatasan.
Disamping itu dibutuhkan kesepahaman persepsi dan strategi dari para stakeholder serta penyediaan prasarana, sarana dan sumber daya yang memadai serta perlunya pengembangan skenario dengan variabel-variabel yang lebih lengkap sebagai dasar pembaharuan atau penyempurnaan kebijakan dan implementasinya. Selanjutnya diperlukan perbaikan atau penyempurnaan kebijakan strategis secara terus-menerus.Setelah menjawab serangkaian pertanyaan dari para penguji, Moeldoko akhirnya berhasil mempertahankan disertasi nya serta mendapat nilai sangat memuaskan sebagai Doktor Ilmu Administasi.
Dalam sambutan Prof Dr Eko Prasodjo,Mag.rer.Publ yang menjadi promotor Moeldoko, mengatakan, ada beberapa keistimewaan dari Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Prestasinya diraih dengan delapan jenjang karir, diantaranya pernah menjadi Kepala Staf Kodam Jaya, Pangdam Tanjungpura, Pangdam Siliwangi, menjadi Wakil Gubernur Lemhannas, Kepala Staf Angkatan Darat dan terakhir Panglima TNI.

Artikel Lainnya:  Kajian CSR dan Praktiknya