Pilih Laman

Dalam rangka penyebaran informasi beasiswa ke seluruh sivitas akademika Universitas Indonesia (UI), Kantor Urusan Internasional UI bekerja sama dengan FISIP UI mengadakan kegiatan Scholarship Roadshow pada Jumat (18/3/2016) di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus FISIP UI Depok. Program beasiswa yang diinformasikan ini terbuka untuk mahasiswa, dosen, dan peneliti.

Hadir sebagai narasumber, staf Kantor Urusan Internasional UI, Farida. Dalam presentasinya, ia memaparkan seputar Exchange Program dan peluang belajar ke luar negeri. Program-program tersebut antara lain Exchange Opportunities, Study Abroad, Summer Programs, Short Courses, dan Scholarship Opportunities.

Pada kegiatan ini juga dijelaskan program schemes, universitas mitra yang telah menjalin kerja sama dengan UI, persyaratan perolehan beasiswa, serta program AUN ACTS Student Exchange Program. Program ini merupakan program pertukaran mahasiswa antar universitas anggota AUN (ASEAN university Network) dengan skema ACTS (ASEAN Credit Transfer System). ACTS merupakan sistem transfer kredit yang dibentuk guna mengurangi hambatan dalam mobilitas mahasiswa di kawasan ASEAN seperti perbedaan kurikulum, sistem pendidikan, dan sistem transfer kredit.

Artikel Lainnya:  FISIP UI Terima Kunjungan Mahasiswa Meiji University dalam Program UI-CREATES

Tujuan dikembangkannya ACTS ini antara lain adalah untuk meningkatkan dan memfasilitasi mobilitas mahasiswa antar universitas anggota AUN serta meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan tinggi antar universitas anggota AUN.

UI setiap tahun memberikan sepuluh beasiswa AUN-ACTS kepada mahasiswanya untuk melakukan program pertukaran di salah satu universitas anggota AUN selama satu semester. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan uang saku sebesar IDR 30.000.000 dalam satu semester. Ada pun persyaratan beasiswa ini antara lain: mahasiswa program sarjana berkewarganegaraan Indonesia, telah menempuh studi minimal 2 semester, memiliki kemampuan akademis yang baik dengan IPK minimal 3,3, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan nilai TOEFL minimal 550 atau IELTS 6,0, dan mendapatkan rekomendasi dari fakultas masing-masing.

Artikel Lainnya:  Ancaman Kekerasan Masih Menjadi Masalah Kebebasan Pers Indonesia

Seleksi beasiswa ini dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional UI setiap semester. Mahasiswa yang telah lolos seleksi beasiswa akan dinominasikan untuk mengikuti seleksi di universitas tujuan yang telah disetujui oleh Kantor Urusan Internasional. Jumlah mata kuliah yang bisa diambil pada program pertukaran ini adalah 3 atau 4 mata kuliah atau sekitar 12 SKS atau tergantung kebijakan universitas tujuan.

Kegiatan sholarship roadshow ini mendapat sambutan baik dari mahasiswa FISIP UI. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa yang tertarik untuk studi di luar negeri mendapatkan banyak informasi seputar exchange program.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://international.ui.ac.id/