Pilih Laman

Dalam rangkaian acara Pekan Komunikasi 2017, mata lomba Journalight mengadakan seminar yang membahas foto jurnalisme di bidang industri kreatif khususnya tentang gaya hidup. Acara ini diadakan di Auditorium Juwono Sudarsono, Kamis (20/4). Seminar diisi oleh pembicara yang merupakan ahli di tiga bidang lifestyle journalism yaitu food, fashion, dan travel journalism.

Sesi petama seminar ini membahas tentang bagaimana cara menata makanan agar dapat menarik dan indah dipajang di majalah atau media sosial. Pembicara yang mengisi adalah Isyana Atiningmas, Senior Food Editor Femina Magazine. Isyana memraktikan bagaimana menata makanan untuk majalah, bagaimana memilih latar belakang foto yang baik, dan peralatan penunjang yang dibutuhkan dalam industri food-photojournalism di majalah.

Artikel Lainnya:  Video Call dengan Ohio University

Pada sesi kedua, Cindy Karmoko, seorang fashion designer & Social Media Branding Consultant serta Margaretha Untoro, Editor In Chief CLEO Indonesia mengisi materi tentang fashion journalism. Mereka berbagi pengalaman bagaimana berjuang dari bawah sebagai seorang wartawan fashion yang dimulai dari memasang-masangkan baju pada model hingga menjadi seperti sekarang ini.

Pada sesi terakhir, Firman Firdaus, Editor National Geographic Indonesia memberikan materi tentang travel journalism. Firman bercerita tentang bagaimana esensi dari seorang jurnalis perjalanan yang bukan hanya senang dibayar untuk melakukan perjalanan namun juga bekerja dengan sepenuh hati. Selain itu, Firman juga menekankan bahwa setiap perjalanan yang dilalui dan tulisan atau produk jurnalisme yang dihasilkan dari suatu tempat harus memberi dampak baik bagi tempat yang didatangi tersebut.

Artikel Lainnya:  Tantangan Kebijakan Luar Negeri Indonesia Era Presiden Joko Widodo Jilid 2