Pilih Laman

Memperingati Dies Natalis ke-49, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menyelenggarakan serangkaian acara dengan tema “Semangat Baru, Terus Melangkah Maju”. Perayaan Dies Natalis FISIP UI ini diselenggarakan pada Rabu, 1 Februari 2016, di Kampus FISIP UI Depok, mulai pukul 09.00—17.00 WIB. Acara HUT FISIP UI diisi dengan Orasi Ilmiah dengan judul “Politik Luar Negeri dan Pelaksanaannya: Menjembatani Gap Teori dan Praktek Hubungan antar Negara dalam Upaya Pembelajaran Masyarakat” oleh Drs. Dian Wirengjurit, MA.—Diplomat Utama, Duta Besar RI untuk Republik Islam Iran dan Turkmenistan (2012—2016), Alumnus FISIP UI Tahun 1997.

Dalam acara Dies Natalis ke-49, FISIP UI juga menganugerahkan penghargaan kepada Sivitas Akademika dan karyawan, yakni para Dosen Riset, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat; purnabakti Dosen; purnabakti Guru Besar; dan mahasiswa berprestasi. Agenda lain Dies Natalis FISIP UI dilanjutkan dengan Syukuran Pemotongan Tumpeng dan Makan Siang Bersama, serta Hiburan Pertunjukan Seni dari Dosen, Mahasiswa, Karyawan, dan Alumni FISIP UI.

Artikel Lainnya:  Kekuatan Politik di Balik Penentuan Tarif Cukai Rokok Maksimal

 

Tentang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

FISIP UI kini sudah berkiprah di tataran internasional secara terprogram dan berkelanjutan. Sejak 2010, FISIP UI telah menyelenggarakan Kelas Khusus Internasioanl (KKI) bidang Ilmu Komunikasi yang bekerja sama dengan tiga universitas di Australia (University of Queensland, Curtin University, dan Deakin University). Kerja sama FISIP UI dengan universitas-universitas di bidang pendidikan kian bertambah antara lain dengan Leiden University, University of Groningen, University of Amsterdam, Ghent University, Columbia University, dan sebagainya. Usaha FISIP UI dalam mencapai kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi sesuai standar internasional-regional, ASEAN University Network Quality Assessment (AUN QA), dimulai dengan menerapkannya pada dua program studi, yakni Program Sarjana Sosiologi dan Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial pada 2015. Hasil assessment kedua program studi tersebut mendapatkan penilaian “Baik.” Pada 2016, AUN QA kembali diselenggarakan di FISIP UI pada program studi sarjana Ilmu Komunikasi. Keikutsertaan FISIP UI dalam pemenuhan standardisasi internasional-regional AUN QA ini bersinergi dengan visi Universitas Indonesia yang berkomitmen menjadi Perguruan Tinggi Unggulan di ASEAN.

Artikel Lainnya:  Departemen Ilmu Komunikasi Selenggarakan Pengabdian Masyarakat Bertema Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini

Kegiatan FISIP UI lainnya yang bertaraf internasional antara lain dalam bentuk riset kolaborasi serta kerja sama penulisan ilmiah yang dilakukan oleh dosen-dosen departemen dengan mitra di luar negeri. Kegiatan-kegiatan ini senantiasa diwujudkan melalui writing clinic dan penerbiatan artikel di jurnal-jurnal internasional.

Pada 2016, FISIP UI menyelenggarakan International Conference on Social Political Issues (ICSPI) dengan tema Knowledge and Social Transformation. Hadir sebagai keynote speech Presiden RI ke-6, Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA., yang menyampaikan pidatonya bertajuk Climate Change and Global Warming. Tidak kurang dari 13 negara (Afganistan, India, Thailand, Singapura,Turki, Belanda, Korea, dan Jepang) berpartisipasi dalam konferensi internasional ini. ICSPI diselenggarakan sebagai upaya memfasilitasi para dosen, peneliti, mahasiswa pascasarjana FISIP UI serta khalayak Ilmu Sosial dan Ilmu Politik lainnya untuk meningkatkan karya ilmiah di jurnal ilmiah yang terindeks SCOPUS.

Artikel Lainnya:  Departemen Ilmu Komunikasi Jajaki Kerjasama dengan University of Missouri

Komitmen FISIP UI yang senantiasa meningkatkan reputasi pada tataran internasional akan selalu berjalan beriringan dengan pengejawantahan misi tridharma perguruan tinggi pada tataran nasional dan lokal. Para Dosen FISIP UI selain melakukan kegiatan pendidikan dan penelitian juga melakukan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat di banyak daerah, baik di ibu kota maupun di luar Jakarta. Banyak kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh para Dosen baik secara individual maupun kelompok melalui institusi

Departemen dan Pusat Kajian dengan mengamalkan ilmunya secara nyata di tengah masyarakat. Demikian pula kiprah mahasiswa FISIP UI, yang tidak hanya beraktivitas di lingkup pendidikan,namun juga memiliki kegiatan lain di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat. olahraga, seni, dan budaya yang bertaraf lokal, nasional, dan intrenasional.