Select Page

Dekan FISIP UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto didampingi Sekretaris Fakultas Dwi Ardhanariswari Sundrijo, Ph.D.,  menerima  Presiden Direktur PT.Lancar Wiguna Sejahtera (Lawson Indonesia) Madi Makruf. Lawson merupakan salah satu industri ritel terkenal di dunia. Pada mulanya, gerai tersebut hadir tidak sebagai convenience store melainkan toko susu. Lawson hadir di Indonesia pada 2011.

Saat itu, perseroan yang menaungi Alfamart melakukan kerja sama dengan Lawson, perusahaan asal Jepang. Gerai ini menyediakan produk yang berbeda baik dari Alfamart, Alfamidi, maupun Alfaexpress. Gerai ini menghadirkan minuman dan makanan siap saji khas Jepang. Seperti, onigiri, nasi bento, teh ocha, es krim, kopi, dan lain sebagainya. Namun, produk orisinal dari gerai ini adalah oden dan bento. Meski masih berjejaring dengan Alfamart, produk yang hadir di Lawson cukup jauh berbeda. Jika Alfamart lebih mengandalkan brand lokal, Lawson lebih ke Jepang. Hal ini dapat dimaklumi karena gerai ini berasal dari Jepang.

Ciri dari perusahaan Jepang ini ada empat: hemat energi, efisiensi sumber daya, pengelolaan limbah, dan distribusi yang apik. Ini menjadi prasyarat utama apabila hadir di luar Jepang. Selain karena faktor persyaratan tersebut, kualitas produk dijamin mumpuni dan harga bersahabat.

Dalam kesempatan tersebut Dekan FISIP UI mengajak Presiden Direktur Lawson Indonesia tersebut untuk berkeliling kampus FISIP UI, dikarenakan Madi Makruf yang merupakan Presiden Direktur Lawson Indonesia tersebut tercatat sebagai alumni dari FISIP UI