Pilih Laman

Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI kembali menggelar acara tahunan terbesarnya, Social WellFair. Setelah menuai sukses di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Social WellFair hadir kembali dengan mengusung tema: Kesejahteraan Sosial Anak dengan semangat “Save The Children, Save The Future!

Mengundang delegasi mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial se-Indonesia, Social WellFair tahun ini terdiri dari serangkaian acara yaitu Social WellFair Competition, Seminar Nasional, Delegate’s Social Mission, Film Screening, Creative Fun Campaign, dan Social WellFair Awarding Night.

Social WellFair Competition—yang merupakan pembuka rangkaian acara— dilaksanakan pada Februari 2015. Dalam acara tersebut digelar lomba fotografi dan lomba video kreatif.

Ketentuan dalam lomba fotografi yang bertema “Kesejahteraan Anak” bertajuk #ShootToShout, peserta ditantang menyuarakan aspirasi serta kondisi kesejahteraan anak Indonesia melalui foto dan captionnya. Sementara di lomba video kreatif, para peserta dapat berkreasi membuat video berdurasi 15 detik dengan tema Fun Childhood pada platform Instagram. Hasil karya para peserta Social WellFair Competition tersebut mendapat apresiasi hingga ratusan likes pada laman Instagram @SocialWellFair.

Artikel Lainnya:  Semarak Kota Seni di FISIP UI

Rangkaian acara selanjutnya adalah Seminar Nasional Social WellFair 2015 yang diselenggarakan pada Kamis (19/3/2015). Dengan mengambil tema “Kota Layak Anak,” pembahasan seminar memfokuskan pada upaya perlindungan hak-hak anak. Seminar ini dibuka untuk umum dan dihadiri oleh pembicara dari Wahana Visi Indonesia dan Pemerintah Kota Depok.

Pada hari yang sama, perwakilan himpunan dikirim untuk mengikuti Delegate’s Social Mission. Dalam acara ini, delegasi bersama 20 anak pegawai FISIP UI melakukan wisata ke Ragunan. Tujuan acara ini selain untuk merefleksikan upaya mewujudkan hak rekreasi anak, juga membangun hubungan dan pemahaman yang baik antara delegasi dengan anak melalui pendekatan-pendekatan yang menyenangkan. Pemahaman tersebut akan dijadikan masukan bagi para delegasi dalam merancang program anak yang dilakukan berkelompok di acara keesokan harinya dalam bentuk kompetisi.

Artikel Lainnya:  Mengevalusi Implementasi Konvensi Hak-Hak Anak di Indonesia

Acara Film Screening diadakan pada Jumat (20/3/2015) dengan tema Child’s Mental Health. Mengundang narasumber dan ahli terkait—Nina Mardiana (Yayasan Galuh) dan Bagus Utomo (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia), film screening ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan nilai-nilai seputar isu kesehatan jiwa anak di masyarakat.

Sebagai puncak rangkaian acara, pada Sabtu (21/3/2015), Social WellFair bersama Save The Children Indonesia menyuarakan hak dasar anak dalam Creative Fun Campaign di Gelora Bung Karno, Jakarta. Pada malam harinya, bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono Kampus FISIP UI, diadakan Social WellFair Awarding Night yang dikemas dalam bentuk gala dinner dan live music. Acara ini memberikan apresiasi pada delegasi, panitia, pemenang lomba, dan berbagai pihak terkait yang telah berkontribusi menyukseskan rangkaian acara Social WellFair 2015.

Artikel Lainnya:  Diversity of Indonesia: Social Capital for Nation Building