Pilih Laman

Indonesia International Conference on Communication (IndoICC) adalah konferensi internasional Bi-Annual yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI. IndoICC ditujukan untuk mengakomodasi pendekatan multidisiplin menuju pemahaman tentang peran media dalam masyarakat.

IndoICC 2015 diselenggarakan selama dua hari, yakni pada 10 dan 11 Desember 2015. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Communication and Collaboration” yang memiliki kepedulian untuk memikirkan kembali peran media dan komunikasi dalam pengaturan transformasi sosial yang serba cepat. Cara manusia berkomunikasi telah melalui transformasi drastis sejak kemunculan inovasi dan adopsi media digital. Peningkatan interkonektivitas teknologi ini memungkinkan mengganggu dalam struktur kekuasaan. Hal ini dapat dilihat dari kacamata terorisme global dan jatuhnya rezim otoriter. Diperlukan pemikiran para peneliti dan akademisi untuk memikirkan kembali peran media dan komunikasi dalam pengaturan transformasi sosial yang cepat ini.

Artikel Lainnya:  Pertemuan Orang Tua Mahasiswa Baru sebagai Inisiasi Monitoring Bersama

Konferensi internasional ini mengundang pakar masalah komunikasi dan media dari berbagai bidang disiplin. Hadir sebagai para keynote speakers dalam kegiatan ini antara lain Prof. Zaharom Nain (University of Nottingham, Malaysia Campus), Prof. Brenda Cherednichenko (Deakin University, Australia), Dr. Thor Kerr (Curtin University, Australia), dan Dr. JaneJohnston (University of Quensland, Australia). Sedangkan sebagai International Open Data Symposium Featured Speakers menghadirkan Ferry Kurnia R. (KPU), Bibhusan Bista (Young Inovations, Nepal), Khairil Yusof (SInar Project, Malaysia), Andreas Pawelke (Director Open Data Lab Jakarta), dan Dave Whiteland (MySociety, United Kingdom).