Pilih Laman

Kemampuan mengelola diri sendiri secara baik dari sisi Time Management, Performance Management atau Productivity yang ditunjang dengan kompetensi yang tepat akan menjadikan seorang dengan produktivitas yang tinggi.  Kemampuan menguasai diri sendiri, memahami kelemahan dan kekuatan pribadi, dapat memicu pengembangan diri.

Untuk meningkatkan pengembangan individu, FISIP UI mengadakan kegiatan Pelatihan Effective Self Management bagi Karyawan FISIP UI. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-25 Mei 2016 di Jambuluwuk Hotel & Resort  Bogor. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang aspek-aspek manajemen diri, membangun keterampilan peserta sebagai pribadi yang efektif, memberikan pemahaman tentang pokok-pokok manajemen secara sistematis, memberikan pemahaman serta ketrampilan dalam melaksanakan penilaian kinerja serta membangun ketrampilan pribadi dalam berinteraksi dengan orang lain dan kerja sama dalam tim. Para peserta dalam kegiatan ini adalah karyawan pada tingkatan Koordinator Unit Pusat Administrasi Fakultas dan Departemen di lingkungan FISIP UI.

Fasilitator dalam kegiatan ini adalah Drs. Chairil Asfar Azis, merupakan senior yang pernah menduduki jabatan antara lain Kepala Divisi Perbankan Syariah, Kepala Divisi HRD, dll. Beliau juga merupakan pengajar pada Progarm Management Development BII. Fasilitator kedua adalah Rr.Lieke Roosdianti Pangkey, M.Si., telah berkarir di perbankan selama 20 tahun. Sebagian besar jabatan dalam karirnya di dunia perbankan, dimana posisi-posisi tersebut memperkaya pengalamannya dalam memberikan in-house training, coaching, counseling, serta mempertajam kemampuannya dalam bidang komunikasi, hubungan antar pribadi, kepemimpinan dan pemecahan masalah.

Artikel Lainnya:  Kesenjangan dan Demokrasi Pasca Reformasi

Dalam pelatihan ini para peserta diberikan materi seperti Kebiasaan Yang Paling Efektif. Dalam materi ini dipaparkan mengenai kebiasaan yang efektif untuk pekerjaan diantaranya perencanaan mingguan, jalankan kebiasaan serta berbagi untuk belajar. Selain itu juga dikupas mengenai Skala Proses Kematangan, melalui pengenalan 7 kebiasaan dari Stephen Covey (Jadilah proaktif, mulai dengan tujuan akhir, dahulukan yang utama, berpikir menang-menang, berusaha mengerti dahulu baru dimengerti, wujudkan sinergi serta asahlah gergaji). Sesi selanjutnya dibahas mengenai Penilaian Kinerja. Dalam sesi ini peserta ditugaskan untukk membuat Penilaian Kinerja serta membuat KPI untuk Unit SDM, UPMA, Keuangan, Fasilitas, dan Pendidikan. Sesi yang menarik yakni Presentasi Kelompok untuk memaparkan pembuatan Penilaian Kinerja serta pembuatan KPI. Sesi terakhir untuk pelatihan ini adalah Manajemen Waktu, dimana para peserta dilatih untuk mengelola waktu yang efektif. (Humas-FISIP UI)