Select Page

Program Kampus Merdeka Departemen Sosiologi UI: E-Sociology of Digital Governance and Economy (ESDGE Sosiologi UI) mengadakan acara Webinar Hasil Penelitian bertajuk “Kontribusi Riset Digital Sosiologi terhadap Asesmen Nasional 2021: Implementasi Program MBKM E-Sociology of Digital Governance anda Economy” pada Senin (31/01) secara hybrid di Hotel Margo dan melalui Zoom.

Program E-Sociology Digital Governance (EDGE) adalah sebuah program merdeka belajar jenis Riset yang mengutamakan pada penajaman capaian lulusan sebagai peneliti, data scientist, digital analysit dan start up business builder.

Dalam sambutan pembukaan, Dekan FISIP UI Prof. Semiarto Aji Purwanto mengatakan bahwa kedepannya rancangan program semacam ESDGE ini nantinya akan banyak diperlukan bagi mahasiswa, peneliti, aparat pemerintah, professional dibidang industry atau bahkan masyarakat awam yang ingin belajar. Saya juga berharap ESDGE ini berlanjut kearah lebih praktis dengan menggandeng instasi pemerintah atau industri yang membutuhkan.

Selain itu , Prof. Aji memaparkan bahwa ESDGE merupakan salah satu bentuk kontribusi FISIP UI secara keilmuan dalam pengembangan Ilmu-ilmu Sosial dan Politik, di mana dalam perjalanan mencapai kontribusi tersebut perlu adanya (1) Cara bekerja dan cara berjejaring: seperti e-commerce, e-Government dan cara berjejaring melalui media sosial jauh lebih mengemuka dibanding cara berinteraksi tatap muka, khususnya dalam masa pandemi seperti saat ini (2) Massive Open Online Courses atau mata kuliah yang terbuka secara masif: Mahasiswa maupun kalangan non mahasiswa dapat mengakses mata kuliah. Sehingga tidak hanya mahasiswa UI saja yang dapat menempuh dan memperoleh nilai SKS dari mata kuliah, sehingga cara pembelajaran semakin dinamis dan terbuka (3) Hakekat memperoleh data pun berubah: Dalam data digital, data primer dan sekunder kini semakin bias, mengingat data-data tersebut dapat diperoleh secara daring (4) Cara mencari data maupun metodologi yang digunakan semakin beragam: kini wawancara maupun pencarian data secara daring memerlukan metodologi terbaru agar dapat menjadi sumber data yang valid.

Menurutnya, “progam studi sarjana Departemen Sosiologi FISIP UI telah mulai menginisiasi program ini untuk menjawab tantangan tersebut.”

Gatot Hertono sebagai Direktur Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran Universitas Indonesia, menjelaskan “ESDGE Sosiologi FISIP UI ini merupakan Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) UI, yang merupakan program dari Kementrian pendidikan dalam menetapkan delapan indikator kinerja utama perguruan tinggi negeri sebagai indikator capaian dalam melakukan transformasi pendidikan, dari delapan indikator tersebut  ada tiga sasaran utama yaitu peningkatan kualitas lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum pembelajaran. Program studi sosiologi menjadi salah satu prodi yang lolos untuk program ini dengan mengusung ESDGE. Semoga dengan ESDGE bisa meningkatkan citra UI tetapi juga membatu meningkatkan akreditasi FISIP maupun prodi sosiologi.”

Di sisi lain Dr. Ida Ruwaida sebagai Kepala Departemen Sosiologi FISIP UI mengatakan “melihat apa yang sudah dikembangkan oleh departemen sosiologi, sudah on the track dalam pengembangan kurikulum, hal tersebut sudah menjawab kebutuhan keilmuan dan juga kebutuhan masyarakat serta kebutuhan mitra kerja. Dari kurikulum tersebut dikembangkan secara akumulatif dan responsif.”

Semoga program ini dapat senantiasa berlanjut, berproses dengan baik, dan memberikan inspirasi serta masukan bagi seluruh pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan, untuk pengembangan keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia yang semakin baik.