Pilih Laman

Pada November mendatang, Universitas Indonesia ditargetkan akan melantik rektor baru. Hingga saat ini, proses penjaringan bakal calon rektor masih terus bergulir. Sejak 11 Agutus lalu, Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) telah membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendaftarkan diri sebagai rektor UI periode 2014—2019. Pendaftaran dibuka hingga 11 September mendatang.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan PP Nomor 68 tahun 2013 tentang Statuta UI, Majelis Wali Amanat (MWA) UI membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) untuk melaksanakan proses penjaringan dan penyaringan calon rektor UI periode 2014-2019. P3CR diketuai oleh Prof. Dr. Prijono Tjiptoherijanto dan terdiri atas tujuh wakil dosen, dua wakil masyarakat, dua wakil mahasiswa, dan dua wakil tenaga kependidikan.

Pada 19 September, P3CR menjadwalkan akan mengumumkan 25 bakal calon rektor UI yang lolos seleksi administratif. Selanjutnya, bersama-sama dengan konsultan independen, P3CR melakukan seleksi lanjutan untuk mendapatkan tujuh calon rektor UI.

Pada tahapan berikutnya, MWA UI memilih tiga dari tujuh orang calon rektor tersaring. Ketujuh calon tersebut akan melakukan presentasi di hadapan sejumlah pakar. Presentasi meliputi sejumlah bidang seperti, manajemen pendidikan tinggi, tata kelola universitas, dan manajemen perubahan. Selanjutnya, tiga calon yang terpilih diikutsertakan dalam debat publik yang akan dilakukan di depan sivitas akademika UI serta masyarakat umum. MWA UI menetapkan rektor terpilih pada 20 November. Pelantikan Rektor UI terpilih dijadwalkan dilakukan pada 27 November 2014.

Artikel Lainnya:  Menko Luhut Apresiasi Inovasi dan Ide-ide Cerdas Para Mahasiswa di YICGG 2019

Pelaksanaan pemilihan Rektor UI disesuaikan dengan Peraturan MWA UI Nomor 001/Peraturan/MWA-UI/2014 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor UI Periode 2014—2019. Persyaratan yang diminta antara lain belum berusia 60 tahun saat dilantik menjadi rektor, berpendidikan doktor, dan menyerahkan uraian atau esai sebanyak maksimal 5 halaman yang berisi motivasi serta pemikiran calon rektor tentang pembangunan UI. Pendaftaran calon serta penjelasan lebih lanjut tentang kegiatan pemilihan rektor ini dapat dilihat melalui situs pemilihanrektor.ui.ac.id. (Humas UI)