Pilih Laman

Sebanyak 30 orang mengikuti acara Journalight Pekan Komunikasi 2016, berupa kunjungan ke kantor CNN Indonesia.com. Kunjungan ke kantor yang berada di Jalan Warung Buncit, Pancoran, Jakarta Selatan tersebut dilakukan pada Selasa (26/4/2016).

Dalam kunjungan bertema “One Day with Online Media“, peserta diberikan materi langsung dari jurnalis CNN Indonesia dan Detik.com serta diajak untuk mengenali isi ruang kerja mereka.

Presentasi pertama diberikan oleh Ahmad Toriq, Redaktur Politik di Detik.com. Toriq bercerita tentang sejarah awal Detik.com dari mulai berdiri hingga saat ini. Ia juga bercerita tentang pengalamannya sebagai seorang jurnalis. Salah satu pengalaman yang ia bagi kepada peserta adalah tentang senangnya keliling dunia apabila bertugas meliput ke luar negeri.

Selain bercerita tentang pengalamannya, Toriq juga menjelaskan masa depan jurnalisme dari sudut pandang Detik.com. Menurutnya, media cetak sudah berada di akhir era, dan semua akan beralih ke media online. Oleh karena itu, konten-konten jurnalistik lebih mengutamakan kecepatan untuk memenuhi rasa ingin tahu pembaca.

Setelah diberi gambaran sejarah Detik.com, Deddy Sinaga selaku Redaktur Pelaksana CNN Indonesia.com memberikan materi tentang proses kerja di CNN Indonesia. Ia menayangkan video tentang bagaimana CNN Indonesia mengolah berita. Dalam video tersebut, salah satu hal menarik adalah adanya penggunaan infografis dalam pemberitaan yang dilakukan oleh CNN Indonesia. Selain itu, berbeda dengan Toriq, Deddy menjelaskan bahwa laporan panjang masih dilakukan oleh CNN Indonesia untuk memenuhi kebutuhan informasi pembaca yang memang beralih dari media cetak ke media online.

Artikel Lainnya:  HMIK UI Gelar Pekan Komunikasi 2016

Pemateri terakhir datang dari Detik TV, Moksa Hutasoit. Moksa menjelaskan tentang salah satu produk baru Detik TV yaitu rubrik 20Detik. Dalam rubrik tersebut, akan ditayangkan video-video liputan breaking news yang disajikan secara cepat dan menarik. Satu hal yang menjadi faktor pembeda adalah bahwa video dalam 20Detik tidak diberikan narasi, melainkan diberi tulisan untuk menjelaskan video tersebut.

Kunjungan hari itu disudahi dengan melakukan tur singkat di ruang redaksi CNN Indonesia maupun detik.com. Para peserta yang berasal dari beragam universitas di Indonesia memanfaatkan waktu dengan bertanya secara langsung kepada para jurnalis yang sedang bekerja. Beberapa dari mereka terlihat memperhatikan apa yang dikerjakan oleh para jurnalis.

Kunjungan ke kantor CNN Indonesia adalah salah satu bagian acara dari Journalight di Pekan Komunikasi 2016. Melalui kunjungan ini, Journalight ingin menunjukan realitas proses kerja yang terjadi di ruang redaksi media online.