Pilih Laman

Pascasarjana Ilmu Politik FISIP UI kembali menambah jumlah Doktornya, yakni setelah Muslim Mufti berhasil mempertahankan disertasi nya yang berjudul “Faktor-faktor yang mempengaruhi kemenangan pasangan Dada Rosada – Ayi Vivananda pada Pemilukada Walikota 2008 di Kota Bandung. Muslim Mufti menjadi Doktor yang ke-72 dan mendapat predikat sangat memuaskan.

Sidang promosi Doktor dilakukan di Auditorium Juwono Sudarsono (7/7), dengan komposisi Ketua Sidang Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc; Promotor Prof. Dr. Maswadi Rauf, M.A.; Ko-promotor Dr. Isbodroini Suyanto, M.A.; dengan anggota Chusnul Mar’iyah, Ph.D.;Prof. Dr. Burhan D. Magenda, M.A.; Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A..

Figur Dada Rosada yang dikenal luas dinilai menjadi faktor pendongkrak peraihan suara pasangan Dada-Ayi pada Pilwalkot Bandung 2008. Dada diibaratkan “matahari tunggal”, sehingga kinerja mesin partai politik (parpol) dan relawan tidak terlalu berpengaruh besar. Masyarakat Bandung memiliki sebuah attachment yang begitu kuat terhadap Dada Rosada. Attachment- nya bukan hanya dari kalangan rakyat yang secara politik mudah dimobilisasi, karena tingkat pengetahuan politiknya rendah, tetapi juga dari kalangan intelektual bahkan insan pers yang selama ini dikenal sangat kritis terhadap kekuasaannya.

Adapun temuan penelitian nya adalah faktor kemampuan seorang kandidat dalam mendekati konstituen menjadi lebih menentukan daripada faktor lainnya, seperti pemanfaatan jaringan politik, sosial serta media massa. (Humas-FISIP UI)

Artikel Lainnya:  Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama FISIP UI dan Kementerian Dalam Negeri