Pilih Laman

Memperingati Dies Natalis ke-48, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menyelenggarakan serangkaian acara dengan tema “Semangat Baru, Cepat Berubah Maju”. Perayaan Dies Natalis FISIP UI ini diselenggarakan pada Senin (1/2/2016), di Kampus FISIP UI Depok, mulai pukul 09.00—14.00.

Acara HUT FISIP UI diisi dengan Orasi dan Presentasi Dies Natalis bertajuk “Menumbuhkan Kampus Kepedulian, Kampus Inovasi Sosial, Kampus Kewirausahaan Sosial” oleh Imam B. Prasodjo, M.A., Ph.D. (Dosen FISIP UI dan Pegiat Sosial).

Dalam acara Dies Natalis ke-48, FISIP UI menganugerahkan penghargaan kepada Sivitas Akademika dan karyawan, yakni purnabakti dosen, purnabakti guru besar, purnabakti karyawan, karyawan terbaik aktif, dan mahasiswa berprestasi. Rangkaian acara Dies Natalis FISIP UI juga meliputi Peresmian Renovasi Fasilitas di Kampus FISIP UI Depok, antara lain Toilet Gedung F lantai 2—sumbangan Alumni FIS angkatan 1980, ruang kerja Unit Pusat Pelayanan Administrasi Akademik (PPAA), Unit Kemahasiswaan, dan Unit Pengelolaan dan Pengembangan Fasilitas yang berada di Gedung F Lantai 1, serta Gedung Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC). Agenda lain Dies Natalis FISIP UI dilanjutkan dengan Syukuran Pemotongan Tumpeng dan Makan Siang Bersama, serta Hiburan Pertunjukan Seni oleh Sivitas Akademika, Karyawan, dan Alumni FISIP UI.

Artikel Lainnya:  Bias Birokrasi dalam Penanggulangan Kemiskinan

Sekilas tentang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

FISIP UI lahir pada 1 Februari 1968. Pada awalnya, keberadaan FISIP UI dimulai dengan dibentuknya Jurusan Publisistik (sekarang Departemen Ilmu Komunikasi) pada Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat Universitas Indonesia (FH‐IPK) pada 12 Desember 1959. FH-IPK berubah menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia (FIPK UI). Kemudian pada 1972, FIPK UI diubah menjadi Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Indonesia (FIS UI). Pada 1982, nama Fakultas Ilmu‐Ilmu Sosial Universitas Indonesia (FIS UI) diganti menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). Sejak 2003, FISIP UI terdiri dari Departemen Ilmu Komunikasi, Departemen Ilmu Politik, Departemen Ilmu Administrasi (terhitung pada Tahun Akademik 2015, Departemen Ilmu Administasi telah berubah menjadi Departemen Ilmu Administrasi), Departemen Sosiologi, Departemen Kriminologi, Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, Departemen Antropologi, dan Departemen Ilmu Hubungan Internasional. FISIP UI sekarang dipimpin oleh Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. untuk periode 2013-2017.

Artikel Lainnya:  Enam Mahasiswa Berprestasi Jalani Seleksi Debat Bahasa Inggris