Perkembangan media dan teknologi komunikasi yang cepat menuntut khalayak untuk memiliki sejumlah pengetahuan dan keterampilan literasi media agar dapat menggunakan media tersebut dengan benar. Kegiatan Pendidikan Literasi Media di Indonesia diselenggarakan dengan format, materi, dan tujuan kegiatan yang sangat beragam. Kajian inilah yang diangkat oleh Bobi Gunarto dalam Disertasinya yang berjudul Model Pendidikan Literasi Media di Indonesia (Studi tentang Struktur Pengetahuan dan Keragaman Tujuan Pendidikan Literasi Media di Indonesia). Dalam sidang promosi doktornya yang berlangsung pada Selasa (22/12/2015) di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus FISIP UI, Depok, Bobi memaparkan bahwa penelitiannya berusaha menjelaskan keterkaitan antara keragaman tujuan kegiatan Pendidikan Literasi Media dengan unsur penting dalam literasi media; mengkaji bagaimana unsur-unsur dalam struktur pengetahuan diakomodir dalam kurikulum kegiatan Pendidikan Literasi Media yang didasarkan pada rumusan tujuan kegiatan. Model tersebut adalah model perlindungan; model pemberdayaan; dan model warga negara aktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong penelitian lanjutan berupa elaborasi teori dan konsep literasi media agar dapat diterjemahkan menjadi kurikulum Pendidikan Literasi Media. Serta diharapkan juga dapat mempertajam rumusan tujuan kegiatan, bentuk kegiatan, dan materi yang disampaikan dalam sebuah kegiatan Pendidikan Literasi Media.