Pilih Laman

Setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan penguji, Rabu (17/6/2015), Irfan Aulia Syaiful meraih gelar doktor di bidang Ilmu Administrasi. Disertasi yang diajukan Irfan berjudul “Analisis Kapabilitas Dinamika dalam Pengelolaan Daya Saing Pariwisata di Kota Tua Jakarta.”

Kajian ini melakukan analisis kapabilitas dinamika terhadap pengelolaan daya saing pariwisata di Kota Tua Jakarta. Kota Tua Jakarta sebagai tempat wisata berkompetisi dengan tempat wisata lainnya, baik di internal wilayah maupun dengan dunia internasional. Untuk dapat sukses melalui kompetisi dibutuhkan strategi pengelolaan daya saing (Teece, Pisano, dan Shuen, 1997). Salah satu strategi untuk itu dengan meningkatkan kapabilitas dinamik pengelolaan Kota Tua.

Dalam kajian yang dilakukan oleh Irfan memberikan contoh bagaimana organisasi publik harus beradaptasi dalam lingkungan yang dinamik dalam upaya mampu bertahan hidup dengan mengintegrasi, memodifikasi, dan menata ulang sumber daya yang dimiliki. Hasil analisis memperlihatkan ada tiga faktor yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapabilitas dinamik Kota Tua Jakarta, yaitu orang yang mampu, proses yang tangkas, dan relasi antar kelompok. Kajian ini menggunakan metode riset tindakan berbasis sistem lunak. Adapun model riset tindakan ini menggunakan pendekatan dual imperative yang bertujuan untuk menyeselaikan masalah faktual dan mencari kebaruan dari teori yang ada.

Artikel Lainnya:  Sosialisasi Asuransi Kesehatan Komersial

Hadir sebagai ketua sidang, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. Promotor dalam sidang doktor Irfan adalah Ir. Bernardus Yuliarto Nugroho, M.S.M., Ph.D. Sedangkan yang menjadi kopromotor Dr. Andreo Wahyudiatmoko, M.Si. Sementara itu, anggota penguji terdiri dari Dr. Robert P. Silalahi, M.Si., Dr. Ir. Son Diamar, M.Sc., Prof. Dr. Martani Huseini, Dr. Roy Valiant Salomo, M.Soc.Sc., Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si., dan Prof. Dr. Azhar Kasim, M.P.A.