Pilih Laman

Era Global saat ini sungguh syarat dengan berbagai persaingan yang begitu ketat dari berbagai bidang didalamnya. Persaingan itu tidak lepas dari semua unsur kebutuhan ummat manusia yang selalu berkembang setiap detiknya. Disini sangatlah jelas harus adanya upaya reformasi untuk sebuah perubahan yang dapat menjawab semua tantangan perkembangan era global, terlebih bagi Indonesia wajib untuk melakukannya.
Kondisi saat ini memiliki banyak tantangan yang harus siap dan sigap dilakukan oleh segenap umat manusia untuk bisa berbenah diri dalam peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) didalamnya, termasuk pula ada upaya meningkatan kualitas dan kuantitas ekonomi. Problem minimnya tenaga kerja berkualitas di berbagai level di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Artikel Lainnya:  Peresmian Ruang Cendekia Multiguna Jakob Oetama

Pertama, dari total angkatan kuliah di Indonesia, yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya sekitar 22%. Jumlah tersebut masih di bawah porsi angkatan kuliah yang menjadi mahasiswa di negara-negara yang tergabung dalam BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China).
Kedua, angkatan kerja yang masuk ke perusahaan-perusahaan besar masih terbatas dari kampus-kampus ternama seperti UI, UGM, dan ITB.

Hal ini pada akhirnya ikut ber dampak pada produksi tenaga kerja berkemampuan handal dan berkualitas. Bagaimanapun sistem dan pengembangan SDM yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar ikut mendorong terciptanya tenaga kerja dengan kemampuan lebih tinggi dari rata-rata di pasar kerja.
Ketiga, banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak siap masuk ke dunia kerja. Problem ini sesungguhnya sudah menjadi masalah lama yang hingga kini belum juga teratasi.

Artikel Lainnya:  The Nordic Welfare States

Maka dari itu Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI bekerjasama dengan PT.Epsilon SOlusi menyelenggarakan digIDtalent di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI pada 11 Februari 2014. Dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan knowledge update, benchmark serta success stories.
Selain itu dilakukan coaching clinic untuk lebih mendekatkan ke situasi riil kebutuhan dan tren kompetensi dunia usaha. Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai pembicara antara lain Wishnutama (CEO PT.Net Mediatama Indonesia), Rudy Ramawy (Google CountryHead Indonesia), Joseph Edi L Gaol (CEO M-Stars), Rio Zelly Rinaldo (Division Manager PT. Citra Intirama).