Pilih Laman

FISIP UI selenggarakan kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas untuk mahasiswa baru Pascasarjana (21/08). Sekitar 273 mahasiswa baru pascasarjana mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Juwono Sudarsono (AJS) ini, termasuk dua mahasiswa asing asal Perancis dan Korea Selatan. Mahasiswa Perancis yang akrab disapa Christophe mengambil program doktoral Ilmu Politik, sedangkan Gene, mahasiswa asal Korea Selatan mengambil program magister Ilmu Hubungan Internasional. Keduanya membagikan motivasinya memilih kuliah di Universitas Indonesia kepada Tim Humas FISIP UI.

Christophe, seorang penulis dan pengusaha yang secara mengejutkan tertarik dengan dunia politik di Indonesia. Ia memilih berkuliah di Universitas Indonesia berdasarkan rekomendasi dari lingkaran pertemanannya yang banyak berasal dari Universitas Indonesia. Berbeda dengan Cristophe, Gene memilih berkuliah di Universitas Indonesia berdasarkan rekomendasi dari kampus asalnya, Hankuk University, yang menyebutkan bahwa Universitas Indonesia adalah kampus terbaik di Indonesia. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh keduanya agar bisa diterima di Universitas Indonesia. Seperti Christof misalnya, Ia harus membuat sebuah karya tulis ilmiah dalam bahasa Indonesia. Sedangkan Gene, Ia harus menyiapkan beberapa dokumen seperti surat rekomendasi professor, GPA, TOEFL, dan hasil tes kemampuan berbahasa Indonesia.

Artikel Lainnya:  Konsultasi Pengisian SPT Pajak Penghasilan Orang Pribadi Tahun Pajak 2015

Dalam berinteraksi, kedua mahasiswa asing ini telah fasih berbahasa Indonesia. Tinggal di Indonesia selama kurang lebih 10 tahun, Christophe mendapatkan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia secara otodidak dalam pergaulannya. Sementara, Gene yang baru tinggal di Indonesia sejak satu tahun lalu telah menyelesaikan kursus bahasa Indonesia di BIPA hingga level 3, sehingga Ia dapat lancar berbahasa Indonesia. Keduanya mengaku senang tinggal di Indonesia dikarenakan kecintaannya pada bahasa serta budaya Indonesia. Gene yang sebelumnya pernah mengunjungi Indonesia untuk suatu acara, mengaku memilih Indonesia sebagai tempat belajar karena ketertarikannya terhadap bahasa Indonesia. Senada dengan Gene, Christophe bahkan menuangkan ketertarikannya pada budaya Indonesia dalam sebuah novel berjudul “Jakarta!”. Dengan memakai nama lengkapnya, Christophe Dorigne Thompson, Ia meluncurkan novel tersebut pada 2012 lalu.

Artikel Lainnya:  Mahasiswa FISIP UI Raih Juara 1 di National Governance Days 2016