Pilih Laman

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UI menggelar rangkaian acara Pekan Komunikasi 2016. Acara tahunan terbesar dari mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi tersebut akan berlangsung selama satu pekan dari 25—29 April 2016. Selama sepekan penuh, insan Ilmu Komunikasi di Indonesia akan disuguhkan workshop, seminar, lomba, maupun company visit dari masing-masing program studi di Ilmu Komunikasi.

Di tahun ini, Pekan Komunikasi 2016 membahas tema Shift Happens. Tema tersebut muncul dari terjadinya perubahan dari media konvensional ke media baru. Perubahaan tersebut memunculkan tantangan yang harus dihadapi oleh masing-masing bidang keilmuan dalam Ilmu Komunikasi, seperti Hubungan Masyarakat (PR Vaganza), Jurnalisme (Journalight), Kajian Media (Media Matters), Periklanan (AdWar) dan Penyiaran (Creabo).

Artikel Lainnya:  Seminar Karya Etnografi Dinamika Desa Cangkring

Di Pekan Komunikasi, masing-masing bidang tersebut berusaha mencari solusi demi menjawab tantangan yang dihadapi di tengah era peralihan dari media konvesional ke media baru. Journalight, misalnya, mengusung Digital Journalism: It is all about Data! sebagai tema acara mereka. Tema tersebut dipilih dengan alasan bahwa di media baru, jurnalisme harus bisa mengedepankan kecepatan siar, namun tetap mengutamakan data dan akurasi berita dalam setiap laporan jurnalistiknya.

Sedangkan tema dari program studi lainnya adalah Inter(Ad)iction dari AdWar, Get Set for Digital Transformation dari Creabo, The New Moon of Social Media dari PR Vaganza serta Mosaic of Indonesian Culture dari Media Matters. Adapun puncak dari Pekan Komunikasi 2016 akan berlangsung dalam acara CommWeekend yang akan hadir dengan tema May the Force Be With You.

Pekan Komunikasi dibuka secara resmi pada acara Malam Pembukaan Pekan Komunikasi 2016 di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI. Ghifarie Akmal selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa Pekan Komunikasi 2016 bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mendapatkan pelajaran tidak hanya di dalam kelas saja, melainkan juga di seminar, workshop maupun kunjungan ke beberapa perusahaan. Ia menekankan bahwa di Pekan Komunikasi tahun ini mengundang berbagai pembicara yang handal dan ahli di bidangnya.

Artikel Lainnya:  Rencana Pembangunan Kembali Gedung C FISIP UI

Mengenai tema Pekan Komunikasi 2016, Ghifarie mengatakan bahwa Shift Happens ingin menyadarkan kepada khalayak bahwa perubahaan di bidang komunikasi telah, sedang dan akan terus terjadi. Oleh karena itu, para mahasiwa yang nantinya akan bergelut di bidang ini akan siap menghadapi keuntungan maupun kerugian dari perubahan ini. “Karena perubahan itu layaknya dua mata pisau, tidak selamanya negatif, tapi bisa juga ada sisi positifnya,” kata mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi angkatan 2013 tersebut.

Sebagai acara tingkat nasional, Pekan Komunikasi 2016 diikutsertai oleh kurang lebih 100 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Atma Jaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung serta banyak kampus lainnya. Selain menjadi finalis lomba dari masing-masing program studi, mereka juga meramaikan acara seminar serta workshop di Pekan Komunikasi 2016.

Artikel Lainnya:  FISIP UI Gelar Seminar Nasional Bertema Kebebasan HAM