Pilih Laman

Setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan penguji, Jumat (26/6/2015), Francisca Indarsiani meraih gelar doktor di bidang Sosiologi Ekonomi. Disertasi yang diajukan Francisca berjudul “Teori Rantai Nilai Global dan Daya Ungkit Trajektori Upgrading Ekonomi (Studi Sosiologi Ekonomi pada Produsen Eksportir Kopi Lampung).”

Hasil penelitian disertasi Francisca menunjukkan bahwa hubungan lokal-global terbentuk pada segmen-segmen spesifik yang menjadi sasaran masing-masing aktor usaha. Segmen ini merupakan arena global di mana terjadi kompetisi antar aktor global.

Hubungan lokal-global yang dialami struktur afiliasi berada di segmen supply korporasi membutuhkan supply bahan mentah yang berada di luar wilayah geografisnya. Usaha afiliasi merupakan satu entitas solid dengan satu system struktur input-output. Dalam kaitan ini, produsen eksportir lokal sebagai mitra tidak memiliki independensi untuk membangun struktur input-output dan memperluas basis kliennya.

Hadir sebagai ketua sidang, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. Promotor dalam sidang doktor Francisca adalah Prof. Dr. Sudarsono Hardjosoekarto. Sedangkan yang menjadi kopromotor adalah Prof. Dr. Der. Soz. Rochman Achwan, MDS. Sementara itu, anggota penguji terdiri dari George Martin Sirait, Ph.D., Dr. Martani Huseini, Prof. Dody Prayogo, MPSt., dan Raphaella Dewantari Dwianto, M.A., Ph.D.

Artikel Lainnya:  Mengulik Penyebab Ketimpangan Infrastruktur Olahraga Dari Sudut Pandang 3 Lembaga