Pilih Laman

Dalam rangka memperingati hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada 29 Mei 2016,  mahasiswa Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial dengan mata kuliah Kesejahteraan Sosial bagi Lanjut Usia mengadakan class project:Talkshow GOLD ( Growing  OLD With Dignity)’’ dengan tema “Prepare Your Early Life For Your Later Life”  di Auditorium Komunikasi FISIP UI.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dra. Wisni Bantarti, M.Kes. selaku dosen mata kuliah Kesejahteraan Sosial bagi Lanjut Usia dan dimoderatori oleh Randy Raharja sebagai perwakilan dari mahasiswa kelas Kesejahteraan Sosial bagi Lanjut Usia.

Pembicara utama pada talkshow ini adalah Prof. Dr. Saparinah Sadli, Guru Besar Fakultas Psikologi UI yang juga merupakan salah satu pendiri Sahabat Lansia Tangguh. Acara ini juga mengundang Margarerta Salsah Bee S.Kesos (Alumnus Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI) yang memiliki pengalaman dan ketertarikan pada kajian Ilmu Kesejahteraan Sosial bagi Lanjut Usia.

Artikel Lainnya:  Pertama Kalinya FISIP UI Gelar Penyambuatan Mahasiwa Baru Secara Virtual

Prof. Dr. Saparinah Sadli menjelaskan, kehidupan manusia menjadi lansia (lanjut usia) merupakan proses yg dimulai sejak seorang dilahirkan dan merupakan hasil interaksi  dinamis antara potensi (nature, fisik, psikis). Pada kesempatan ini Saparinah Sadli mengatakan kepada kaum muda untuk dapat mengenal lebih dekat dan berinteraksi dengan aktivitas lansia. Ia juga menekankan bahwa menjadi tua merupakan anugerah Tuhan. Menjadi Lansia Tangguh dengan Mandiri di usia tua dapat dipersiapkan sejak dini. Sehat Fisik dengan menjaga kesehatan melalui pola hidup yang baik, Sehat Mental dengan belajar hal–hal baru saat lansia merupakan hal yang sangat penting, Sehat Sosial dengan menjalin silaturahim sedari muda untuk bekal di hari tua nanti.

Artikel Lainnya:  Mendorong Negara Memenuhi Hak Atas Reparasi Bagi Korban Kejahatan

Talkshow ini mendapat apresiasi khusus dari Prof. Dr. Saparinah Sadli. Di akhir acara, ia menggarisbawahi bahwa anak muda harus lebih banyak lagi dalam meningkatkan awareness terkait isu Lansia. Apresiasi terhadap kegiatan ini juga datang dari para peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa S1 dan S2 FISIP UI serta mahasiswa lintas fakultas UI dan dari kalangan umum. (Rosiyaningsih)