Pilih Laman

Rabu (3/6/2015), bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus FISIP UI, Raden Ajeng Murti Kusuma Wirasti berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan penguji dan meraih gelar doktor di bidang Ilmu Komunikasi. Judul disertasi Murti, “Media Komunikasi dan Keluarga Tradisional Jawa (Studi tentang Penggunaan Media Komunikasi oleh Keluarga Tradisional Jawa di Dukuh Candirejo, Desa Pomah, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah)”

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengeksplorasi pola-pola penggunaan media komunikasi pada siklus hidup keluarga tradisional Jawa dalam aktivitas sosial, politik, dan kebudayaannya. Juga untuk mengetahui bagaimana keluarga tradisional Jawa memaknai media komunikasi dalam kehidupannya. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode etnografi dengan unit analisis keluarga, yang dalam studi ini teridentifikasi sebagai keluarga tradisional Jawa berkultur abangan.

Hadir sebagai ketua sidang, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. Promotor dalam sidang doktor Murti adalah Prof. Dr. Billy K. Sarwono, M.A. Sedangkan yang menjadi kopromotor 1 adalah Dr. Arintowati H. Handoyo, M.A dan kopromotor 2 adalah Dr. Turnomo Raharjo, M.Si. Sementara itu, anggota penguji terdiri dari Prof. Alois Agus Nugroho, Ph.D., Dr. Linda Darmajanti Ibrahim, MT., Prof. Sasa Djuarsa Sendjaja, Ph.D., Prof. Dr. Ilya R. Sunarwinadi, M.Si., dan Prof. Zulhasril Nasir, Ph.D.

Artikel Lainnya:  Perlindungan Sosial Pekerja Industri Digital Transportasi Online Roda Dua