Pilih Laman

Masih mengusung tema Tokoh dan Selebriti Alumni FISIP Bicara, serangkaian acara perayaan Dies Natalis FISIP UI ke-47 kembali digelar. Melalui perbincangan menginspirasi: Life After Campus, FISIP UI mendatangkan alumnusnya untuk berkisah tentang perjalanan hidup para alumnus yang sukses selepas lulus masa perkuliahan di kampus FISIP UI.

Dibuka dengan sambutan singkat Dekan FISIP, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., acara yang diselenggarakan pada Jumat (20/3/2015) di Auditorium Juwono Sudarsono ini, mengundang Andini Aisyah Haryadi (Alumnus Departemen Ilmu Komunikasi) dan Nadine Zamira Sjarief (Alumnus Departemen Ilmu Hubungan Internasional) sebagai pembicara.

Andini Aisyah Haryadi—yang lebih dikenal dengan nama Andien—merupakan penyanyi ternama yang mengawali kariernya sebagai penyanyi beraliran musik Jazz. Sementara Nadine Zamira Sjarief adalah aktivis sekaligus pendiri LeafPlus Indonesia—sebuah perusahaan konsultasi yang bergerak di bidang lingkungan hidup. Sebagai moderator acara, FISIP mengundang Ryan Hasri (Alumnus Departemen Ilmu Komunikasi) yang kini berprofesi sebagai Field Producer CNN Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Andien dan Nadine bercerita tentang pengalaman mereka setelah dinyatakan lulus sebagai mahasiswi FISIP UI. Kendati profesi yang sedang dijalani Andien dan Nadine sekarang berbeda dengan jurusan kuliah yang dulu diambil, namun ilmu yang mereka pelajari semasa kuliah akan selalu bisa diterapkan di pekerjaan mereka masing-masing.

Berbekal ilmu yang didapat di perkuliahan hubungan masyarakat, Andien mengaku menjadi terbiasa untuk menempatkan dirinya sebagai penyanyi profesional yang tidak hanya mengandalkan paras cantik, tetapi juga berwawasan luas dan dapat bersikap positif. “Ketika objeknya adalah diri saya sendiri, maka akan lebih mudah untuk mengatur strategi kehumasan apa yang bisa digunakan di pekerjaan saya di industri musik ini,” ungkap Andien.

Artikel Lainnya:  Refleksi Kelembagaan Politik Formal Partai dan Pemilu Era Reformasi: Perubahan dan Keberlanjutan

Di lain sisi, Nadine yang meskipun merasa beruntung menemukan passionnya sejak kecil, sempat merasakan kebimbangan dalam memilih bidang pekerjaan setelah lulus kuliah. Seiring perjalanan waktu, akhirnya Nadine berhasil kembali pada jalur yang benar-benar ia sukai, yakni sebagai konsultan lingkungan hidup yang mengandalkan kreativitas dalam berkarya. “Jangan takut nggak diterima di social society karena pilihan profesi kita berbeda dari yang biasanya. Pasti akan selalu ada tempat untuk orang kreatif,”  kata penyandang gelar Miss Indonesia Earth 2009 ini.

Acara bincang selebriti menginspirasi ini mendapat sambutan baik bukan hanya dari mahasiswa FISIP UI. Mahasiswa dari fakultas lain pun ikut hadir menyimak cerita yang dituturkan para alumnus FISIP UI ini. Diharapkan acara berbagi pengalaman ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk lebih giat dan pantang menyerah dalam mengejar passion mereka.