Pilih Laman

Bumi semakin dikejutkan dengan fenomena-fenomena alam yang mulai bergeser dari titik keseimbangannya. Suhu bumi semakin panas karena green house effect, tanah longsor dan banjir kerap terjadi karena kaki-kaki pohon penyangga sudah raib, demikian pula merebaknya hama pengganggu tanaman karena putusnya rantai makanan serta kian rusak habitat alaminya, yakni hutan. Fenomena kian memprihatinkan ketika semakin berkembangnya intelektual dan teknologi manusia malah semakin menggoyahkan kestabilan ekosistem. Hal ini disebabkan karena wawasan lingkungan yang belum bisa sepenuhnya berintegrasi dengan dunia intelektual dan teknologi.
Upaya untuk mewujudkan keasrian suasana pembelajaran di kampus, dan membantu upaya Go Green pada bumi. Penanaman ratusan bahkan ribuan pohon belum cukup membantu upaya pelaksanaan kampus hijau. Yang harus menjadi sorotan penting ialah fasilitas dari kampus itu sendiri. Pengadaan tempat sampah, serta pengadaan smoking area yang memadai.
Pengelolaan sampah contohnya, melakukan pembakaran sampah seperti yang biasa dilakukan bukanlah merupakan solusi penyelesaian masalah yang tepat. Hal ini dapat merusak lapisan ozon dikarenakan asap yang ditimbulkan merupakan gas berbahaya. Hendaknya kita melakukan cara yang lebih efisien dalam mengelola sampah, sebagai contoh mulai membedakan mana sampah organik dan non organik. Penerapan konsep 4R (Reduce, Recycle, Reuse, dan Repair/Recovery) pun harus mulai dilakukan. Karena hal ini merupakan penyelesaian masalah yang sangat baik termasuk di lingkungan kampus.
Dalam pengelolaan sampah ini FISIP UI dibantu oleh pihak Tupperware dengan memberikan sumbangan 100 tempat sampah, dimana nanti ada gerakan yang akan dilakukan oleh sivitas akademika FISIP UI untuk mengubah perilaku pengelolaan sampah serta pola penanganan sampah menjadi suatu hal yang baru dan juga produktif,
Selain pemilahan sampah, di FISIP UI akan menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Yang tujuannya supaya para penikmat rokok bisa menjadi perokok yang bertanggung jawab. Pemilahan sampah serta penerapan kawasan tanpa rokok ini merupakan wujud kepedulian terhadap kampus sehat. dan hijau di kampus FISIP UI yang sangat dinantikan.

Artikel Lainnya:  Kontribusi Indonesia Bagi Perdamaian Dunia