Pilih Laman

Senin (24/09), FISIP UI menerima kunjungan studi dari Universitas Cendrawasih (UNCEN) Jayapura. Sebanyak 17 mahasiswa Program Doktor Ilmu-Ilmu Sosial dan 30 mahasiswa Program Magister Kebijakan Publik UNCEN mengikuti kunjungan studi yang akan berlangsung selama tiga hari ini. Kedatangan peserta kunjungan studi disambut secara resmi oleh Prof. Dr. Dody Prayogo selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI.

“Papua punya khas, kekayaan alam, kekayaan budaya, tapi bagaimana kita merawat sekaligus membangunnya. Persoalannya, siapkah sahabat-sahabat kita di Papua?”, ucap Prof. Dody dalam sambutannya.

“Jadi, pengembangan SDM menjadi sangat penting. Nah saya berharap studi ini bukan sekedar membandingkan saja, tapi masing-masing kelompok, masing-masing prodi harus punya misi apa yang kita capai disini. Anda boleh tanya sepuas-puasnya”, lanjutnya.

Artikel Lainnya:  Peluncuran Buku Iwan Tjitradjaja

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan pembekalan materi dari pakar/Professor bidang ilmu Sosiologi-Antropologi, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik-Kebijakan Publik. Dalam sesi ini, peserta Program Doktor mendapatkan materi mengenai pembangunan Papua melalui berbagai perspektif. Pengantar perspektif sosio-antropologis disampaikan oleh Prof. Dr. Acmad Fedyani Saifuddin, M.A., S.S, Guru Besar Antropologi FISIP UI. Perspektif birokrasi dan layanan publik dibahas bersama Prof. Dr. Azhar Kasim, MPA, pakar bidang Ilmu Administrasi Universitas Indonesia. Pembicara terakhir, pakar bidang Ilmu Politik FISIP UI, Drs. Julian Aldrin Pasha, M.A., Ph.D., memaparkan pembangunan Papua dari perspektif manajemen pemerintahan.

Sementara, peserta Program Magister memperoleh materi berkaitan dengan kebijakan publik dalam berbagai konteks. Dra Francisia Saveria Sika Ery Seda M.A., Ph.D., pakar Sosiologi FISIP UI, menyampaikan materi tentang kebijakan publik bidang kependudukan, ketenagakerjaan dan lingkungan hidup. Dr. Drs. Semiarto Aji Purwanto, M.Si, Antropolog FISIP UI, berbicara mengenai kebijakan publik dalam konteks inklusi budaya pemerintahan lokal. Materi terakhir, Kebijakan publik dan kepemiluan dibahas oleh salah satu pakar Ilmu Politik FISIP UI, Chusnul mari’yah Ph.D.

Artikel Lainnya:  Rapat Dewan Guru Besar FISIP UI

Selain pembekalan materi, agenda kunjungan studi ini juga meliputi simulasi penelusuran referensi ilmiah online di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, dialog intensif antar mahasiswa UNCEN dan FISIP UI, serta kunjungan ke permukiman masyarakat Betawi.