Pilih Laman

Setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan penguji, Rabu (1/7/2015), Euis Komalawati meraih gelar doktor di bidang Ilmu Komunikasi. Disertasi yang diajukan Euis berjudul “Representasi Nilai Nasionalisme dalam Sinema Indonesia pada Era Awal Kemerdekaan, Orde Baru, dan Reformasi.”

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan representasi nilai nasionalisme dalam sinema Indonesia pada era awal kemerdekaan, orde baru hingga era reformasi, menjelaskan elemen pembentuk nasionalisme dalam sinema Indonesia  dan mengungkapkan tipe nasionalisme dalam sinema Indonesia. Euis mengemukakan hasi penelitiannya yang menunjukkan bahwa representasi nilai nasionalisme dan tipe nasionalisme bergerak dinamis berkaitan erat dengan kondisi sosial, ekonomi, dan politik suatu negara dan bangsa. Tipologi nasionalisme dalam sinema yang terungkap berdasarkan hasil pengamatan adalah descent nasionalism pada awal kemerdekaan, state nationalism pada era orde baru dan civics nationalism pada awal reformasi.

Artikel Lainnya:  Peserta Journalight Kunjungi Kantor CNN Indonesia.com

Hadir sebagai ketua sidang, Prof. Isbandi Rukminto Adi, M.Kes., Ph.D. Promotor dalam sidang doktor Euis adalah Prof. Dr. Ilya R. Sunarwinadi, M.Si., sedangkan yang menjadi kopromotor adalah Dr. Pinckey Triputra, M.Sc. Sementara itu, anggota penguji terdiri dari Prof. Alois Agus Nugroho, Ph.D., Dr. Turnomo Rahardjo, M.Si., Prof. M. Alwi Dahlan, Ph.D., Prof. Dr. Billy K. Sarwono, M.A., Prof. Sasa Djuarsa Sendjaja, Ph.D., dan Dr. Arintowati H. Handoyo, M.A.